Thursday, August 23, 2007

taman nasional kutai

taman nasional kutai... agustus 2007... atas nama perlindungan terhadap hutan.




tebang sana-sini karena lahan ini tak bertuan.



siapa suruh janji bagi-bagi lahan? janji adalah hutang, dibayar dengan cara apa saja. tak dibayar, ya tinggal tagih saja, dengan cara apa saja.

alasan ketidakadilan juga diungkapkan.. kekacauan dibalas kekacauan...




yang susah, atas nama apa keselamatan hutan ini semua dilakukan.. berdalih kearifan setempat. mana ada orang-orang arif menebang pohon-pohon buah, mencincang ulin dan meranti yang cuma ada sehitungan jari?

penegakan tak segera dilakukan, ya mana berani, ancamannya soal ketidak adilan dan kesukuan.. bah!! isu yang hantu blau juga kisut!!!




cuma 300 meter katanya dari ruas jalan. 300 meter pale lu peang??!! setiap akhir pekan nyatanya luasan makin bertambah, mayat-mayat pohon bergelimpangan tak terkubur dengan layak, bahkan tak dimatikan dengan layak...

karma..karma.. dimana engkau? jatuhkan karmamu pada titik koordinat ini (hah!! aku gak tau berapa.. ada yang punya?).



yang bikin janji harus bertanggung jawab, yang nagih janji harus bertanggung jawab, yang kasih modal diam-diam harus bertanggung jawab, yang sesumbar atas nama kearifan setempat juga harus bertanggung jawab.
tak ada yang bisa meminta pertanggungjawab, nantilah.. biar pohon-pohon itu akan menagih tanggung jawab mereka.. macam film "lord of the ring", tunggu saatnya.

atas nama kearifan setempat... pale lu!!!

selamat jalan taman nasional kutai... innalillahi wa innaillaihi roji'un...

4 comments:

sahrudin said...

kayaknya, mas tri sedang bikin tulisan serius soal TNK. itu kalau saya tidak salah dengar lho, ya. hampir setiap malam, dia lembur ngetik di toko pancing tuh. kenapa sampeyan gak pernah singgah barang semalam minggu pun?

Ithoy said...

Pian mancing di mana? *kada nyambung*

timpakul said...

mancingnya di tnk... yang akhirnya punah jua... he..he..

Gita P Djausal said...

saya baca tulisan Anda karena mencari info tambahan ttg TN Kutai karena saya baru saja membaca http://www.nytimes.com/2009/06/14/world/asia/14borneo.html?ref=global-home sepintas saya baca ada bangunan rumah yg baru dibangun melintasi kawasan TN Kutai. apa bisa bantu info?