Saturday, January 26, 2008

kerjasama dengan pemerintah

Tadi, selepas mandi, handphone saya berbunyi. Seorang teman dari Kalteng mengabarkan bahwa workshop nasional soal kelapa sawit ditunda, sampai pertengahan Februari. Sayang, saya tetap saja tidak bisa menghadirinya, karena sudah terlanjur janji dengan kelompok lain, membantu mereka merumuskan tujuan pengelolaan kawasan.
Teman dari Kalteng ini kemudian cerita soal ini-itu, tentu berkaitan dengan rencana workshop nasional itu. Salah satu cerita yang membuat saya tersenyum adalah mulai aktifnya seorang kawan lama di Kalteng ini. Uniknya, si kawan lama ini sebelumnya memperolok soal pendekatan yang dilakukan oleh kawan Kalteng saya. Intinya, bekerjasama dengan pemerintah adalah pekerjaan sia-sia. Well, mungkin dia benar, atau bisa juga salah, saya tidak terlalu peduli. Yang saya peduli adalah kenyataan bahwa si kawan lama ini sedang berada di Kalteng untuk kerjasama dengan pemerintah juga. Ha..ha.. ini yang membuat saya tersenyum. Lalu, mengapa beberapa waktu lalu ia memperolok kawan Kalteng saya?
Lalu, pikiran jorok melintas di kepala saya. Ini pasti persoalan kesempatan, persoalan pemasukan, persoalan makan juga. Saat ini uang sedang berada di wilayah kerjasama itu. Biasa sajalah..

No comments: